Selasa, 15 Mei 2012

Tahap3:Konversi



konversidalamUnconsciousBlitz-Readingadalahmemindahkandanmengubah(konversi)pemahamandilevelbawahsadarAndaagarmasukdilevelsadar.ProsesKonversisetelahUBRberbedadenganproses‘memanggilulang’(recall)apayangsudahandapernahbacadengancarabiasa(caranormal).TeknikKonversididisainuntukmerangsangulangdanmemperkuathubungansirkuitsyarafyangbarusajaterbentukdiotak
setelahprosesUBRselesaidansetelahdilakukanmasainkubasi.
Beberapaorangdikaruniaipengalamansuatukonversispontan,suatuproseskonversiyangterjadidengansendirinyatanpastimulasikhusus.Jadisemacamefek‘Aha!’,pengalamansecaratiba-tibamendapatkansolusidariproblemyangsudahmenghantuiberhari-hari.KonversispontanbisaterjadikarenakitasudahmemilikipolasyarafefektifdalamotakyangkitarekamsaatUBR.Dankarenasuatupemicu(alami)yangpas,makapolaitumunculkepermukaansecaraspontan.
Perludicatat,sekalipunterasabakmengalamisuatumukjizatdansangatmenggairahkan,namunmengalamiprosesKonversisecaraspontantidaklantasmenunjukkanbahwaorangnyamemilikisuatu‘bakat’tertentuatau‘keunggulan’tertentudibandingorangyangtidakmengalaminya.IngatsemangatNLP,jikaadaorangyangbisamelakukansesuatu,makakitajugabisamelakukannya.Kitasemuasudahpunyasemua
sumberdaya,tinggalmengakses,memperkuatdanmengurutkannya.
Konversisecaraspontanmenunjukkanadanyaprosesyang
efektifsaatmelakukanUBRdanpengendapanyangbaiksetelahpaskaUBR.Konversispontanakandialamisemuaorang,hanyasajakitakadangtidakmenyadariterjadinyaKonversi,danlebihmengiraitusebagaiilhambiasa.
Nah,marikitaberalihpadapenjelasanmengenaiKonversimanual.Yaknisuatucaradengansengajauntukmempercepatperangsanganulangotak,mendorongproseskonversiinformasiyangadadipikiranbawahsadaruntuksegeradipindahkankepikiransadar.
a.LakukanPengendapan
Prosespengendapandiperlukanuntukmemberikesempatanbagipikiranuntukmelakukansistematisasi/pembuatanpoladanjalursirkuitsaraf.Secarasederhanasebutsajasebagaipengendapandipikiranbawahsadar.
Berikanwaktusetidaknya30-60menitmenitbagiotakuntukmengendapkan,namunyangpalingbaikadalahmengendapkandalamkondisitidur,khususnyatidurdimalamhari.Bagiyangsudahterlatihbisalebihpendek,cukup15-30menit.
Saatpengendapan,kitamemberikanwaktupadaotakuntukmengintegrasikaninformasibarudenganjalursirkuitsyarafyangsudahada.Lakukanjugaafirmasisebelumandamelakukanpengendapanini,ingatselalumelakukanafirmasidalamkondisialpha/theta.
Afirmasiyangterbaikselaluyangkitabuatsendiridanpalingcocokdengandirikita,danmenghasilkansuatuperasaanpositifdanpercaya.Afirmasiyangmenghasilkankeraguandalamperasaantidakakanmeberikanhasilyangdiinginkan.
Dalamprosespengendapan,yangpentingadalahperasaantenang/rileks.HindaripekerjaanyangterlalumembutuhkanpemikirankerasdanhindarijugamemikirkanmengenaimateriyangsudahAndaUBRsebelumnya.
b.Memberikanrangsanganpadapikiran
Setelahpengendapancukup,makakitaperlumemberikanperangsanganpadapikiranbawahsadar.Prosesiniakanberefeksepertikitamenowel-nowelagarpikiranbawahsadarmenggeliatdanterpicu.
Caraterbaikmemberikanrangsanganpikiranadalahdengancarapengajuanpertanyaanpadadirisendiri,sambilmembangkitkanrasaingintahu:
Hmmm,apayangakanterjadijikasayamenguasaibukuinisepenuhnya?
Pastiakanserujikasayaingat,apapointutamanyanih?
Wow,apasajamanfaatdaribahanini?
Oke,apayangperlusayaketahuidaribukuiniagarujianskripsisayaberhasil?
Pertanyaan-pertanyaansemacaminiakanmenstimulasirasaingintahudandengancepatmengirimkanrangsanganpadasistempenyimpananbawahsadaryangterdalam.Pertanyaaniniakanmembukasumbatsaluran-saluraninformasidanmenyalurkanjawabannyakepadaanda.Stimulasiiniakanmembuatujung-ujungsynapssyarafkitamemancarkansinyallistrikuntukmembuatsambunganbarudenganbagianlain.
Padalevelinijanganterlaluberharapmendapatkanjawabanseketika.BahkanHINDARIMEMIKIRKANDENGANSENGAJAuntukmendapatkanjawabannya,karenabisamembuatfrustrasi.Ajukansajapertanyaandenganpenuhrasaingintahu,hindarimemikirkanjawabannya.Jadisibukkandirikitadenganpertanyaan,sepertiseorangdosenpengujiskripsimengajukanpertanyaanpadamahasiswanya.
Halaman20dari40halaman.
Prosesmemberikanpertanyaaninitidakuntukmendapatkanjawabandarialamsadar.Jadijustrujawabanyangkitaharapakanmunculdengansendirinyadaribawahsadar.Bukandenganjalandianalisissertadireka-reka.Jawabanituakanmunculseperti‘popup’dalampikirankita,terjadidemikiansajasecaralangsung.
Sebagaivariasibisajugamintabeberapakawanyangtertarikisibukuituuntukberdiskusi,ataumintaibeberapakawanuntukmengetesAndadenganberbagaipertanyaansembarimerekamembacabukuitu.Lakukansecarafundansantai.Jangancemaskalaubelumbisamenjawab,tujuannyahanyamembuatpancingansajakealamsadar.
c.Lakukanscanning
Bukabukuperlahan,ikutikatahatianda,jikaadahalamanataukalimatyangterasamenggerakkanhati,atauadakatayangsepertimeloncatkeluardarikertasseakanberteriakuntukmintadibaca,makabacalahbagianitu.AlangkahbaiknyakalauAndamemperlakukanbagianitudenganperasaan“penting”.
Bacasatuatauduakalimatsampaiandamerasabahwaandasudahmenerimaapayangandainginkandaribagianitu.Kemudianlanjutkanmembuka-bukabukuitulagisampaimenemukanrasatergeraklagi.Membuka-bukainibukanlahsepertimembacaperlahan-lahar,inihanyasepertimenggerakkanpandanganmatamelaluideretankata-katasaja,tanpamembacanya.Lakukanprosesinidalamkondisibiasa,tidakperlumasukdalamUBRstate.Yangpentingadalahperasaanrilekssaja,hindariketergesaan.
d.MembuatPetaPikiran
Secaraumum,kitamengenalduajeniscaramencatat,pertamasecaralinearsepertidisekolah,keduamenggunakanpetapikiran(mindmap)alaTonyBuzan.Petapikiranala
TonyBuzaniniamatbaikuntukdipergunakansebagaialatKonversi.PetapikirandiciptakanolehTonyBuzandengantujuanmempergunakankeduabelahotaksecarasimultan.Memanfaatpotensiotakkanandankirisecarabersamaan.Otakkanan,sebagaisumberpemrosesankreativitasumumnyajarangdilibatkandalamprosesbelajar,padahalmanfaatnyasangatbesar.
Petapikirandibuatdenganmenggunakankerangkapikiran(katakunci)yangsudahandacatatdibagianawalUBRini.Membuatpetapikirandimulaidarimenuliskanideutamadiletakkanditengah-tengahkertas.KemudianAndadapatmelanjutkandenganmengambarkancabang-
cabangsecaracentrifugal(memancar)daritengah.Cabanginimerupakanpokok-pokokpikiranutamadariideutamayangditengahtadi.
Upayakanmenggunakan1katakuncisajadandituliskandiatasgarisitu,kemudianujunggarisitubisadibuatanak-anakcabanglagiyangmemancarsebagaisubpokokpikiran.Usahakanmenggunakan1katakuncijugadandituliskandiatasgarisitu.Demikianseterusnya,tambahkancabangsebagaisubpokokpikiran.
Untukmenambahkesesuaiandanmenstimulasiotakkanan,upayakangarisdibuatmelengkung,bukansiku-siku.Kemudiangunakanspidolpenawarnauntukmembedakansetiapkelompokataupunlevelpokokpikiran.Penggunaansimbol/gambaryangsesuaiakanmakinmemberikanpenguatanpadamemorijangkapanjangkita.Andadapatsajamenggunakansoftwarekomputeruntukmempermudahdanmempercepatprosesini,misalMindJet®atauMindMap®.
Beberapaorang,bahkandariawalsebelumprosesUBRsudahmembuatkerangkapikiranterlebihdahuludenganmenggunakanmindmapini.Haliniakanmembantumeletakkangambaranawalsistematikapemikiransecaragrafis.Nah,setelahselesaidansudahmelaluipengendapan,gambarlahulangpetapikiranitulantasbandingkanuntuksalingmelengkapi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar