Selasa, 15 Mei 2012

SIKAP DALAM BELAJAR UBR


 berikutiniadalahdaftarsikapmentalyangbagusdalammempelajariUBR.MilikisikapmentaldibawahinidanAndaakanjauhlebihmudahmempelajariUBRdanmemanfaatkannyadalamkehidupanAndasehari-hari.

1.RasaInginTahu
Sepertianakkecil,rasaingintahumembuatseoranganakberadadalamlearningstateyangbagusdansangatreceptive.LatihlahUBRdenganperasaaningintahudanbersemangat.

2.HindariNiatMencoba
Hindariniat/berpikiruntuk“mencoba”,sebabpadasaatkitaberpikirmencoba,secaraotomatiskitamasukpadakondisiuntukmemberikankemungkinanuntukgagalpadapikirankita.Niatkanuntukmelakukan,bukanmencobamelakukan.

3.MenghargaiKebingungan
MenurutilmuNLP,bingungadalahstateofmindyangmenandakanadanyaprosesbelajaryangbergerakdariconsciousincompetencekeconsciouscompetence.Dalamprosesiniterjadiupayaintergrasiinformasikedalamneuro-circuitdiotakkita.Dendritdanneuritsedangberusahamengintegrasikanjalan-jalansyarafyangtidakkonekdantabrakansatusamalain,agarketemuharmonidalamsynapsyangbaru.Jaditerimalahkebingungansebagaipertandabaik.Lainhalnyadenganfrustasi,iniadalahtandanyakekacauanupayaintegrasineuro-circuityangbiasanyaterjadikarenaorangtersebutmelabelsituasidengankata“susah”,“sulit”danberakhirpadakebuntuandalamusahanyamenciptakanjalurneurologisbaruyangharmonis.Nah,saatAndamengalamikebingunganini,makasikapyangbaikadalahmembuatupayaintegrasisecarasadar(conscious),yaknidengancaramembuatmindmap(petapikiran,alaTonyBuzan)ataulakukanprosesrestrukturisasipadaframeworkbacaanAndasehinggaterciptasuatugambaranyangjelas.

4.Experimental
kataexperimentsebenarnyaberbedadengankatapercobaan,katapercobaandalambahasaIngrrisadalah“trying”.Experimentadalahsuatusikapmentaldalammelihatsuatuhasilatas
suatuupaya.Dalammelakukanexperiment,makatidakadayangnamanyakegagalan,yangadaadalahhasil/feedback.Feedbackadalahinformasiuntukmemperbaikilangkahkitaselanjutnya.
MelatihUBRdalamsikapexperimentalmembuatprosesdapatterjadisecaramenyenangkan,danterhindardariketakutangagal.Terimalahapahasilnya,danlakukansuatuadjustmentuntukmemperbaikihasildariyangsebelumnya.

5.PerlakukanBukudanPengarangnyadenganrespek
TentunyaAndainginmeng-UBRbukukarenamenganggapisinyamenarikdanataubermanfaat.Sikapkitaterhadapbukudanpengarangnyaadalahmencerminkanapresiasikitakepadaisibukuitu.
Menghargai/merespekbukudanpengarangnyaakanmenyelaraskansikapmentalkitadengancarakitamenilaimanfaatbuku/materitertulisitu.Bawahsadartidakakanmemprosesdenganefektifsesuatuyangdinilaitidakpenting/tidakberhargaolehalamsadarkita.

6.PercayalahpadakemampuanbawahsadarAnda.
PikiranbawahsadarmerupakanasetbesarAnda,yangselamainitanpadisadarimemegangperanansedemikianpentingdalamhidupAnda.Kompetensi-kompetensipentingdalamhidupAndabahkansemuanyaterletakdalampikiranbawahsadar,yangbiasanyadisebutdenganistilah“kepiawaian”.Misalkan,kepiawaianAndamenggambar,berhitung,menyetir,memasak,olahraga,semuanyadikelolaolehbawahsadar.
Jadi,alangkahbaiknyajikadalamprosesUBRinipun,semenjakdariawaluntukmem-percayaipikiranbawahsadarAnda.Dengandemikian,bawahsadarAndadapatberfungsilebihbaikdanlancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar